Senin, 24 Desember 2012

Kita sayang dan cinta abang hari ini, esok, dan selamanya...


Ini cerita pendek yang ditulis abang sebelum dia menghembuskan nafas terakhirnya 10 Desember 2008 jam 6.40,jadi cerita ini pacar abang yang minta biar abang dibuatin cerita pendek gitu,yo uwes lah kita mulai yaa..

Alunan musik rock alternative yang terdengar keras,sebenarnya sudah cukup memekakkan telinga ,apalagi didalam kamar yang kliatannya tidak begitu tertata rapi.Tapi Ibeng dgn cuek dan santai menikmati suasana itu,sambil berbaring dikasur empuknya,ia memandang kosong langit-langit kamarnya.Ia mengingat kembali kejadian 3 hari yang lalu ,kejadian yang membuatnya bertingkah aneh dan diluar kebiasaan.Tidak seperti hari-hari yang biasa ,biasanya dia lebih seneng maen bareng temen-temennya setelah makan siang atau di sore hari ketimbang tiduran dikamarnya.Atau nemeni Viona,seorang temen cewek yang sudah dikenalnya lebih dari 4tahun,nongkrong di warung bang Man sambil baca komik ataupun novel yang emang disewakan oleh Bg Man sendiri .Kalau engga nonton bareng atau cuma jalan-jalan cari angin.
Tapi kali ini berbeda,sepulang sekolah dia langsung pulang kerumah tanpa menghiraukan ajakkan anak-anak untuk hang out bareng tar sore.Nyampe dirumah,Ibeng langsung masuk kamar tanpa sempat menyentuh makan siang buatan Bunda.Dengan malas dia meraih sebuah komik dipojok kanan kamarnya,kembali tiduran dan memulai membaca komik yang dipinjemnya dari Bg Man.

"Aah....!!"dgn kesal dia melemparkan komik yang dibacanya ,kejadian 3hari yang lalu membuat dia sulit untuk berkonsentrasi.Waktu itu dia ngeliat Viona jalan berduaan bersama seorang cowok yang belum pernah dilihatnya dgn sangat mesra.

"Siapa sih cowok itu?" Ibeng bertanya dalam hati .Kenapa Vee gak pernah cerita sama aku sih?" Damn..!!!!
Ibeng mengumpat dalam hati,cemburu menguasainya.Meski sudah setahun lebih hubungan percintaannya dgn Vee berakhir menjadi hubungan temen biasa aja,tapi Ibeng masih tetep mencintai Vee.Karena perasaan itu pula lah Ibeng selalu meluangkan waktu untuk Vee.Vee selalu ada dihatinya dan mengisi hari-harinya.

"Mas Ibeng !!! Makan yuk...Tiya sama Bunda udah nungguin mas Ibeng nih di dapur" adik sematawayang Ibeng berteriak.Teriakkan Tiya membuyarkan lamunan Ibeng.

"Dasar bawel ... !!!" kembali Ibeng mengumpat dgn malas dia bangun dan keluar dari kamar untuk bergabung bersama bunda dan Tiya.. '' Duduk Bang..'' panggilan sayang Bunda buat Ibengdisertai sebuah senyuman. ''Kamu gak apa-apa kan Bang?'' Bunda bertanya sambil menyodorkan sepiring nasi putih buat Ibeng. ''Belakangan ini, Bunda perhatikan kamu sedikit aneh Bang.''

''Gak apa-apa ko Bun,Abang baik-baik aja kok'' jawab Ibeng seadanya,berusaha menyembunyikan rona wajahnya yang kaget karena pertanyaan dari Bunda.Bang kamu itu anak Bunda,jd Bunda tau kalo ada yg aneh pd diri anak-anak bunda.Gak usah kamu sembunyiin atau kamu malu mungkin cerita ke bunda?''

''Beneran kok Bun gak ada apa-apa Ibeng baik-baik aja'' kembali Ibeng menjawab seadanya sambil menyuapkan sesuap nasi ke mulutnya.

''Ya udh kalo begitu tapi kalo kamu mau cerita ke Bunda,Bunda dgn senang hati ngedengerin keluh kesah kamu..'' ''mungkin mas ibeng lagi cemburu tuh bun..!! sambil berbisik Tiya berbicara pada Bunda. '' hush..kamu ini !! ''Bunda bereaksi sambil memukul pelan pergelangan tangan Tiya.

''Udah ah ga usah dibahas,lanjutin makannya kembali'' Ibeng bersuara kembali sementara Bunda dan Tiya saling menatap dan tersenyum nakal.Mereka menyelesaikan makan siang tanpa banyak berbicara...
Ditemani secangkir capucino.Ibeng kelihatan asyik membaca komik. Dia sengaja mengambil tempat dipojokkan didalam warung Bang Man ,dia tak mau diganggu kalo lg asyik membaca.

''Hai...'' tiba-tiba Viona muncul didepannya.Ibeng hanya tersenyum kecil dan kemballi membaca.Sepertinya Ibeng masih cemburu kerena kejadian beberapa hari yang lalu. ''kok diem sih Beng?''tanya Viona,sambil melirik judul komik yang dibaca Ibeng.'' kemana aja sih?telepon aku gak diangkat,sms aku jg gak dibalas,kamu kenapa sih? kembali Viona bertanya..

''Lagi males aja Vee..'' jawab Ibeng seenakknya. ''Ha ...!!?males...!!?kamu gak pernah loh males sama telpon dan sms dari aku,Beng!'' dgn sedikit marah Viona menanggapi jawaban Ibeng.

''kok kamu sewot gitu Vee?mau terima telpon ato sms dr siapa aja itu kan hak aku ..!!masih sambil membaca Ibeng menanggapi Viona.Viona jd kesel dgn sifat Ibeng,''ya seharusnya kamu bilang dong kalo memang gak mau diganggu'' Viona membela diri..

''Terus kamu sendiri ngapain kemari''Ibeng meletakkan komik yg dibacanya diatas meja.'' Ya..nyari kamu la..!!aku td kerumah kamu trus kata Bunda kamu disini dari pagi..ya aku susul aja kamu kemari.''Viona sudah sedikit lega karena viona menanggapi dirinya.'' Emang ada apa kamu nyariin aku,Vee? tapi sebaiknya kamu duduk dulu deh ...' Ibeng berdiri dari kursinya dan menarik keluar kursi dihadapannya sambil mempersilahkan Viona untuk duduk.Ibeng memang selalu begitu,dgn melakukan hal itu setidaknya dia bisa menghormati kaum hawa..begitulah prinsip Ibeng.

''Begini Beng ada yang mau aku ceritain ke kamu nih,''Viona mulai bercerita.Soal kamu jalan sm cowok di mall beberapa hari yg lalu kan?''Ibeng memotong cerita Viona.''Lho ...?kamu kok tau Beng..?sedikit terkejut Viona mendengar perkataan Ibeng.Ibeng merapikan duduknya,''gini Vee..sebelum kamu cerita panjang lebar,aku mau kamu tau kalo aku tuh masih sayang cinta sama kamu,walaupun sekarag kita cuma berteman saja,tp perasaan ku tuh gak pernah berubah sedikitpun.Dan aku cemburu saat ngelihat kamu jalan sama cowo itu.Dan aku kecewa sama kamu,kenapa kamu gak pernah cerita ke aku soal dia ke aku.Apa kamu gak anggep aku temen kamu Vee?setelah apa yg kita lalui bersama. Ibeng menatap Viona..

''Udah selesai ngomongnya?''kembali Viona bertanya.Ibeng menganggukkan kepalanya. ''Ok..sebelumnya aku minta maaf udah buat kamu cemburu,kecewa karna ku.Tapi knp kamu ungkit-ungkit lagi masalah ini?bukankah kita sudah sepakat untuk jalan masing-masing setahun yg lalu tanpa saling merepotkan satu sama lain yg ada diantara kita sekarang ini cuma temen,dan aku juga mau kita gak putus komunikasi.Aku tau kamu masih sayang dan cinta aku ,makanya aku jd serba salah buat ngasih tau kamu kalo sekarang aku lg deket sm seseorang.Kalau aku beritahu kamu,pst kamu cemburu dan berpikir secepat itu aku melupakan apa yg pernah terjadi diantara kita. Kalau aku gg ngasih tau kamu,kamu pst ngejauh dari aku menganggap aku berkhianat dan mengingkari perjanjian kita untuk saling terbuka.''

Viona menghela nafas panjang. ''jujur ya Beng,aku capek ngejalani hubun gan pertemanan kita ini.Aku harus selalu menjaga perasaanmu jangan sampai membuatmu kecewa lagi.Aku juga gak mau memberimu harapan-harapan baru Beng,yang pada akirnya ngecewain kita berdua.

''Tapi gimana dgn perasaan ku ke kamu Vee?'' Ibeng akhirnya angkat bicara,''Kamu tuh pengecut Beng!!Disaat aku kasih kamu solusi dari masalah hubungan kita dulu,tapi kamu gak berani jalanin dan hadapin konsekuensinya.Kamu gak pernah berani nyoba,selalu banyak mempertimbangkan berbagai hal-hal sepele.Dalam setahun ini aku tetap menunggu kamu mengambil langkah-langkah konkrit untuk memperbaiki hubungan kita,tapi apa yg ada?!!masih tetap seperti di awal aku mutusin kamu.Kamu tetap aja begitu,gak berani ngambil langkah utk satu perubahan. Sekarang disaat aku lg deket dgn seseorang atas nama cinta dan kasih sayang kamuu ke aku..kamu coba menghalangi langkahku kesuatu perubahan.Disaat aku ada kesempatan dan peluang ke arah itu gak ada salahnya kan aku coba?Kamu sayangkan sama aku?kamu mau kan liat aku bahagia?jalan yang ku pilih ini akan membahagiakan aku,biar aku mencoba jalan ini,dan kamu lupain perasaan kamu cinta dan sayang kamu itu ke aku.''

''Maafin aku Vee...karena perasaanku ke kamu semua itu membutakan akal sehat dan penilaian-penilaianku.Aku jadi egois Vee..selama ini aku hanya jadi penghalang jalanmu,langkah apapun yg kamu tempuh aku yakin itu yang terbaik dan sebagai temen aku selalu mendukungmu.'' walaupun kelihatannya Ibeng biasa aja tapi viona dapat melihat kekecewaan diwajahnya..

Suasana berubah menjadi hening,Viona dan Ibeng larut dalam perasaan masing-masing..Sampai akhirnya Ibeng bicara, ''Tapi kita masih berteman kan Vee?''Dengan tersenyum Vee menganggukkan kepalanya.
''Berarti itu pertanda iya kan Vee?'' Ibeng bertanya
''Ahh...kamu bisa aja Beng'' jawab Vee sambil mencubit lengan Ibeng.

''Aduh...sakit tau..!! Ibeng meringis menahan sakit,mereka terdiam sejenak..

''Ha..Ha...Ha..'' kemudian mereka tertawa berbarengan.Ibeng bangun dari kursinya,sedikit membungkuk kemudian mencium kening Vee..

'' Makasih yaa Vee kamu udah mau jd sahabat terbaikku,kemudian Ibeng berlalu dari pandangan Vee dan meninggalkannya sendiri di warung Bang Man.."

Walau cuaca agak terik,Ibeng malah santai menikmatinya.Dia berjalan pelan dan santai,jauh dari kebiasaannya yg slalu terburu-buru dan cepat.Baru beberapa menit yg lalu dia mendengar semua penjelasan dari Viona ,dari raut wajahnya Ibeng terlihat memendam kekecewaan yg dalam dan masih memikirkan semuanya..

''Awass...!!!'' terdengar seseorang berteriak dan ''Brakk...!!!! tubuh Ibeng terpental keras ke permukaan aspal dgn sangat keras.yang dia tau saat ini dia berada di pangkuan Viona,dan banyak orang memandang ke arahnya,tubuhnya terasa dingin dan pandangannya mulai gelap.Sayup-sayup dia mendengar suara Viona,memanggil namanya dan akhirnya terasa sunyi...


Selamat jalan Abangg semoga kau bahagia dikehidupan barumu
semoga kau menemukan cinta abadimu yang tak akan terpisahkan
oleh keadaan,oleh ruang dan waktu..

Kita sayang dan cinta abang hari ini,esok,dan selamanya..... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar